Bahan-bahan Berbahaya Pada kosmetik

1. MERKURI
Merkuri(Hg) atau air raksa merupakan senyawa logam berat yang berbahaya dan bersifat racun sekalipun dalam konsentrasi yang kecil. Efek merkuri yang biasanya digunakan dalam kosmetik krim pemutih dapat mengakibatkan efek negatif seperti timbulnya bintik-bintik hitam pada kulit, alergi, iritasi bahkan bisa menyebabkan kerusakan permanen pada ginjal maupun otak serta menganggu perkembangan janin terutama bila digunakan dalam dosis tinggi. Bahkan dalam jangka pendek dosis pemakaian merkuri yang terlalu tinggi dapat menyebabkan muntah-muntah, diare dan kerusakan paru - paru bahkan menyebabkan kanker pada manusia karena merkuri merupakan zat karsinogenik.

2. Hidrokinon
Hidrokinon yang biasa terdapat pada bahan kosmetik dapat menyebabkan iritasi kulit, kulit jadi merah dan terbakar serta dapat menyebabkan kelainan pada ginjal bahkan kanker darah dan kanker sel hati.

Saat ini, pemakaian hidrokinon dalam kosmetik tidak boleh digunakan untuk kulit dan rambut, tapi hanya sebagai "artificial nail system"

3. Tretinoin/Retinoic Acid/ Asam Retinoat
termasuk golongan obat keras hingga penggunaannya harus dengan resep dokter, dilarang digunakan dalam produk kosmetik. Bahaya penggunaan bahan ini dapat menyebabkan kulit kering, rasa terbakar, teratogenetik (cacat pada janin).

4. Rhodamin B
merupakan zat warna sintetis yang biasa digunakan sebagai warna kertas, textil atau tinta. Zat ini juga merupakan zat karsinogenik (dapat menyebabkan kanker), dan dalam konsentrasi tinggi dapat menyebabkan kerusakan hati.

5. Diethylene Glycol (DEG)
merupakan racun bagi manusia dan binatang karena dapat menyebabkan depresi sistem saraf pusat, keracunan pada hati dan gagal ginjal. Kasus pada beberapa negara dapat menyebabkan kematian.