Mengenal kemasan plastik untuk makanan

Plastik merupakan rantai panjang yang tersusun dari unit molekul kecil (monomer) melalui satu reaksi kimia yang disebut polimerisasi.

a. Mengapa plastik banyak digunakan?

Plastik memang mempunyai beberapa keunggulan sifat antara lain plastik tetap kuat tetapi ringan, tidak berkarat, bersifat termoplastis, yaitu dapat direkat menggunakan panas, serta dapat diberi label atau cetakan diberi kreasi. Selain itu plastik juga mudah dibentuk-bentuk.

b. Bagaimana Mengenali Kemasan Plastik dengan Baik?

Sulit untuk mengenali jenis kemasan plastik secara kasat mata. Namun, jenis kemasan plastik dapat diketahui dari kode daur ulang yang dikeluarkan oleh The Society of Plastic Industry, Inc (SPI), pada tahun 1988. Kode daur ulang (simbol panah membentuk segitiga) dengan angka 01–07 tertera pada kemasan, tetapi banyak juga produsen yang tidak mencantumkannya. Kemasan yang mencantumkan kode daur ulang 01-07 seperti PET untuk plastik jenis Polietilen tereftalat (PET) dan PP untuk plastik Polipropilen (PP), yang dimaksudkan untuk menyatakan jenis plastik dalam rangka mempermudah proses daur ulang. Kode daur ulang ini tidak ada kaitannya dengan aspek keamanan kemasan.