Sumber pertumbuhan makin seimbang

Seperti yang diperkirakan, permintaan domestik mengalami perlambatan dibandingkan triwulan I/2008. Perlambatan ini terutama terjadi dalam konsumsi masyarakat dari 5,7 persen (triwulan I/2008) menjadi 5,3 % (triwulan II/2008). Perlambatan pertumbuhan ini merupakan dampak dari kenaikan harga makanan - dimana inflasi makanan mencapai lebih dari 15% dalam triwulan II 2008, dan sebagian disebabkan karena dampak kenaikan harga BBM.

Sementara itu, konsumsi bukan makanan di luar dugaan masih cukup kuat. Diduga, dampak kenaikan harga komoditas telah memberikan dampak terhadap kenaikan daya beli sebagian pelaku ekonomi - produser atau trader - yang pada gilirannya mendorong ekspansi permintaan barang-barang bukan makanan.



Ekspansi ini juga merefleksikan pula dan konsisten pola transformasi struktural yang menyertai kenaikan pendapatan per kapita dan penurunan tingkat kemiskinan. Kenaikan pendapatan per kapita akan lebih mendorong peningkatan konsumsi bukan makanan dibandingkan konsumsi makanan. Perkembangan ini juga konsisten dengan data-data mikro seperti pejualan sepeda motor, barang-barang elektronik dan konsumsi listrik rumah tangga yang cenderung meningkat.

Survey yang diselenggarakan oleh Reuters beberapa hari lalu menunjukkan perkiraan analis dan ekonom di 13 perusahaan bank dan sekuritas untuk pertumbuhan kuartal II-2008 masing-masing dengan 6,1% dan 6,0%.

BPS menjelaskan bahwa selain sektor pengangkutan dan komunikasi, maka pertumbuhan pada triwulan II-2008 terutama terjadi dalam sektor non-tradable (konstruksi, utilitas dan perdagangan) yang telah menjadi sumber pertumbuhan ekonomi selama 10 tahun terakhir. Menko Sri Mulyani menyambut gembira pertumbuhan sektor pertanian, peternakan, kehutanan dan perikanan pada semester I-2008 yang disebutnya sebagai membanggakan karena mencapai 5,3%.

Beberapa sektor yang memproduksi barang seperti sub sektor pangan, perkebunan, industri elektronik, industri kendaraan roda dua dan roda empat juga mengalami ekspansi selama semester I-2008.