Dimanakah lautku yang tercemar ? 

Sampah yang mengotori laut berasal dari berbagai kegiatan manusia yang tinggal di sepanjang sungai, atau dari perkotaan, yang semuanya membuang limbahnya ke sungai yang kemudian mengalir sampai ke laut. Contoh dari laut yang tercemar di antaranya adalah perairan Teluk Jakarta.  

Bagaimanakah cara mencegahnya?  
Adik-adik, sangat sulit untuk membersihkan sampah di laut. Apalagi bila sampah rumah tangga dan limbah industri terus mengalir ke perairan laut Kepulauan Seribu, bisakah adik-adik membayangkan sejenak, bila setiap harinya ada sekitar 2.000 sampai 3.000 ton sampah yang tiba di wilayah itu. Waow, seperti apa sampah yang menggunung itu ya??..  

Untuk mengatasinya, Pemerintah telah berupaya keras untuk mengelola sampak sebaik-baiknya. ke laut, dan bila adik-adik bertamasya ke laut, jaga kebersihan juga untuk tidak membuang sampah sembarangan seperti di wilayah tepi pantai, bahkan membuangnya ke laut, kasihan nasib ikan-ikan laut kita bukan??..  

Namun itu saja tidak cukup, diperlukan keikutsertaan seluruh anggota masyarakat termasuk adik-adik. Salah satu cara untuk turut menjaga dan mencitai lingkungan dapat adik-adik lakukan di rumah dengan tidak membuang sampah sembarangan, seperti membuang sampah ke selokan atau ke sungai-sungai. Karena aliran airnya akan mengalir sampai laut.