LAUTKU, FLORAKU, FAUNAKU 

Tahukah temen-temen tentang potensi laut?? Laut yang membentang luas adalah salah satu bagian dari Negara Kesatuan Republik Indonesia yang kita cintai. Melalui laut, kita bisa pergi dari satu tempat ke tempat dengan menggunakan kapal atau perahu. Dengan adanya penguapan air laut, terjadi hujan di daratan sehingga menyuburkan tanah sehingga pepohonan bisa tumbuh dan hasilnya menjadi sumber makanan manusia.  

Laut juga menjadi tempat hidup berbagai makhluk, baik yang berjenis tumbuh-tumbuhan maupun binatang. Rumput laut merupakan salah satu contoh tumbuhan laut yang mengandung gizi dan nutrisi penting bagi manusia. Berbagai jenis ikan merupakan sumber makanan manusia pula. Bahkan air lautpun dapat diolah dan menghasilkan garam yang sangat penting bagi kesehatan tubuh kita. Itu baru sebagian kecil manfaat laut yang kita ketahui. Masih banyak lagi potensi laut yang belum tergali dan termanfaatkan. Semua itu patut disyukuri karena merupakan karunia dari Tuhan Maha Pencipta Alam Semesta ini.  

Dengan semakin bertambah banyaknya jumlah manusia, maka aktivitasnyapun semakin meningkat. Dampak dari aktivitas manusia ini di antaranya adalah sampah. Sampah bisa berasal dari kegiatan rumah tangga, pabrik, maupun kegiatan lain. Yang paling menyedihkan, hampir semua orang membuang begitu saja sampah-sampah itu ke sungai, yang akhirnya menunpuk di laut. Berbagai limbah yang menumpuk di laut itu pada akhirnya akan menghasilkan racun yang berakibat membunuh berbagai kehidupan di laut.  
 
Apabila hal ini dibiarkan, maka pencemaran terhadap laut semakin lama semakin parah. Akibatnya, hewan-hewan yang berada dilaut (ikan-ikan, penyu laut, kepiting, karang-karang, dll) bisa mati karena keracunan sampah yang berasal dari rumah tangga maupun limbah industri. Adik-adik, hal ini sangat menyedihkan sekali, bisa jadi Biota laut (hewan-hewan dan tumbuhan yang hidup di laut) kita akan habis sedikit-sedikit, lalu punah dan kita tidak akan memiliki lagi kekayaan alam yang berada di bawah laut. Kita pun akan ikut keracunan bila mengkonsumsi ikan-ikan yang sudah terkena racun tersebut. Padahal, kita juga membutuhkan ikan laut sebagai bahan konsumsi (makanan) karena ikan laut banyak mengandung protein yang dibutuhkan bagi tubuh kita, dan untuk para nelayan ikan laut juga bisa menjadi mata pencaharian (pekerjaan) mereka sehari-hari.