Flora dan Fauna

a. Flora
Tidak bisa dibayangkan banyaknya jenis tumbuh-tumbuhan atau flora di dunia ini. Sampai saat inipun banyak kalangan ilmuwan yang berpendapat bahwa belum semua jenis flora yang ada di bumi telah dikenali.
Seperti halnya hewan, jenis-jenis flora sangat ditentukan oleh lingkungan spesifiknya yang disebut juga sebagai habitat. Dengan bantuan manusia, beberapa diantara tumbuh-tumbuhan ini tersebar luas ke berbagai belahan bumi, sehingga ada jenis yang bisa ditemui di banyak negara, dan adapula yang hanya dapat ditemui di habitat asalnya.

Kerusakan lingkungan yang terjadi telah menghancurkan banyak habitat-habitat tumbuhan yang menyebabkan punahnya jenis-jenis tumbuhan tertentu, sehingga turut mempengaruhi kehidupan hewan dan penduduk yang tinggal diatasnya.

b. Fauna
Luar biasa banyaknya fauna atau hewan di dunia. Mereka digolongkan dalam kelompok “spesies” atau jenis, yang tergabung dalam beberapa grup klasifikasi hewan di dunia. Termasuk dalam klasifikasi hewan tersebut adalah mamalia atau hewan menyusui, burung, serangga, reptil dan ikan.

Hewan-hewan ini hidup dalam lingkungan spesifik, atau kerap disebut sebagai habitat. Kondisi habitatnya ini yang menentukan mengapa di wilayah tertentu hanya terdapat spesies-spesies tertentu dan tidak bisa ditemukan di tempat lain. Tentunya kau sulit membayangkan Penguin hidup di Sumatera, dan Orangutan di Kutub Utara bukan?

Tentunya seluruh hewan memiliki kehidupan unik dan peran yang penting bagi kelangsungan hidup kita semua. Namun beberapa jenis hewan diantaranya sangat terancam keberadaannya karena ulah manusia. Hewan-hewan tersebut diburu atau mati karena habitatnya punah.