Air dan Udara

a. Air
70% dari permukaan bumi kita ini tertutup dengan air. Tapi, dari total air yang ada tersebut, hanya sekitar 3%nya terdiri dari air bersih. Air bersih tersebut terdiri dari air tanah, es dan gletser, danau, sungai, dan berbagai genangan air permukaan dari air hujan.

Sumber air bersih kita sehari-hari biasanya adalah air tanah dan sebagian kecil air sungai. Tahukah kau bahwa total air dari sumber tersebut hanya mencakup sekitar 0.3 - 0.5% dari keseluruhan sumber air yang tersedia di bumi ini? Sedikit sekali bukan? Jadi, tidak benar apabila kau mengira persediaan air bersih kita tidak terbatas hanya karena bumi kita banyak memiliki air. Jumlahnya saat ini terus berkurang dan mungkin suatu hari kelak akan habis sama sekali dan kita terpaksa harus minum air laut atau es yang hanya ada di Kutub!

b. Udara
Apa jadinya kalau udara yang kita hirup kotor ? Bukan saja akan membuat kita sakit atau cacat, mungkin malah dapat menyebabkan kematian. Untuk mendapatkan udara bersih, jangan-jangan kita nanti harus tergantung pada tabung udara setiap saat dan hidup bagaikan di angkasa luar.
Udara kotor juga menjadi penyebab dari buruknya kualitas air hujan. Air hujan yang jatuh pada tempat yang udaranya kotor akan membawa racun-racun yang melayang ke tanah, menjadikan genangan air hujan tidak lagi bersih.Di beberapa tempat yang tingkat pencemarannya tinggi, hujan yang jatuh sering disebut dengan Hujan Asam, karena sifat keasamannya yang tinggi dan sangat merusak.
Angkasa tempat udara berada juga tidak luput dari masalah. Pencemaran dan pengotoran udara ternyata juga merusak lapisan pelindung bumi yang disebut dengan ozon, sehingga merusak kehidupan yang ada.